Article by

Editor

Tips Merawat Truk Logging Agar Mesin Tetap Awet dan Berperforma

Truk Logging merupakan sebuah kendaraan operasional yang sering kali diandalkan di berbagai sektor usaha guna untuk keberlangsungan bisnis. Truk Logging, dump truck, atau truk tambang dan sebagainya dikenal tangguh dan mampu menampung muatan dalam jumlah besar, sehingga truk sendiri memerlukan perawatan secara berkala agar kondisi truk dapat digunakan dalam keadaan prima dan siap untuk mengantar barang atau segala kebutuhan.

Jika kondisi truk prima dan setiap saat dilakukan perawatan maka truk akan memiliki performa maksimal untuk beroperasi. Untuk merawat truk mobil tak hanya cukup dengan service berkala, tapi juga cara pemakaiannya yang harus tepat. Jadi, bagaimana cara merawat truk agar mesin tetap awet dan berperforma? Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan. 

 

Baca juga: 7 Spot Kabin Truk Tractor Head yang Perlu Disanitasi Sebagai Bentuk Protokol Kebersihan


Baca juga: Alasan Truk Tractor Head Menggunakan Teknologi Mesin Diesel

 

1.Panaskan mesin truk secara berkala

Setiap mesin kendaraan, hal yang perlu dilakukan agar mesin tersebut tetap awet adalah dengan memanaskan mesin kendaraan tersebut secara berkala, dan hal ini juga berlaku pada mesin truk. Panaskan kurang lebih 10 menit sampai 20 menit agar mesin dapat bekerja secara optimal dari awal mula mesin kendaraan dipanaskan tersebut.

Lalu, apa fungsi utama memanaskan kendaraan itu sendiri terutama pada truk? Hal itu dilakukan agar mesin mendapatkan pelumas diseluruh bagian mesin pada kendaraan itu sendiri, sehingga mesin dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gesekan yang terjadi pada mesin.

 

2.Bersihkan filter udara secara berkala

Langkah berikutnya yang harus anda perhatikan adalah membersihkan filter udara secara berkala. Sebuah kendaraan terutama untuk mesin diesel itu sendiri memerlukan asupan udara pada bagian dalam mesin. Pada mesin diesel jika terdapat debu di dalam mesinnya, maka hal tersebut dapat mengganggu kinerja dan performa pada mesin itu sendiri.

Oleh karenanya sangat penting untuk memperhatikan kebersihan komponen ini. Bersihkan secara berkala di bengkel resmi atau langganan agar mesin pada truk tetap awet dan bisa memberikan performa terbaik.

 

3.Mengganti pelumas atau oli secara rutin

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengganti pelumas mesin atau oli secara berkala. Mengingat fungsi dari oli sendiri adalah untuk mengurangi pergesekan yang ada di dalam mesin itu sendiri. Gantilah pelumas oli pada armada truk anda setiap kurang lebih 5000 km serta filter oli di dalamnya agar komponen ini bisa bekerja secara maksimal.

 

4.Bersihkan box pada truk

Untuk perawatan yang satu ini juga perlu dilakukan agar barang-barang atau segala kebutuhan dapat dimuat dan terjaga kualitasnya. Khususnya untuk truk pengiriman barang, membersihkan sudut-sudut bos pada truk sangatlah penting, begitu juga Dump truk, atau mobil pertambangan yang notabennya selalu memuat material kasar dan mudah memicu karat. Tentu saja perawatan bak truk sangatlah perlu dilakukan.

Dengan perawatan rutin hal tersebut bisa menambah panjang usia mobil karena lebih terawat dan awet. Kepercayaan pada klien pun bisa lebih baik dan bisnis anda semakin berkualitas dan meningkat.

 

5.Mengatur gas secara stabil

Dengan mengatur gas secara stabil dan perlahan dapat membuat mesin lebih awet pada saat berkendara. Mesin secara bertahap akan naik dengan aman. Selain itu dengan mengatur gas secara stabil juga akan lebih menghemat bahan bakar.

Dengan perawatan yang tepat, tentunya akan memberikan keuntungan bagi anda pelaku bisnis. Karena sudah pasti baik truk pertambangan atau dump truk merupakan kendaraan yang butuh perawatan ekstra. Selain untuk meningkatkan kinerja mobil, tentunya tips di atas dapat menjadi solusi untuk memberikan efisiensi dalam jangka panjang. 

Nah, sebagai distributor resmi penjualan truk tambang di Indonesia, Chakra Jawara senantiasa menghadirkan armada terbaik seperti mobil batu bara, dump truck, dump truck unit besar, truk khusus tambang dan sebagainya dari pabrikan Iveco yang terbukti kualitasnya secara internasional. Tentunya bisa menjadi pilihan tepat untuk anda yang membutuhkan armada untuk kebutuhan bisnis.

Sumber foto instagram: ekofamilyjambi