Dikutip oleh

Editor

Mengenal Truk Damkar dengan Berbagai Keunggulannya

Truk damkar atau pemadam kebakaran merupakan kendaraan pengendali api yang dibekali alat untuk mendeteksi adanya kebakaran dan alat untuk memadamkan api. Kendaraan pemadam kebakaran atau dikenal dengan fire truck adalah kendaraan bermotor baik itu truk ataupun mobil beroda empat jenis lain yang telah dipasangi alat pemadam kebakaran.

 

Sistem pada Kendaraan Pemadam Kebakaran

Fire truck atau yang lebih dikenal dengan kendaraan pemadam kebakaran adalah rangkain beberapa unit sistem. Secara garis besar unit sistem pada damkar terdiri dari;

1.Engine dan chassis

2.Pompa dan power take off (PTO)

Kedua hal tersebut disatukan melalui sistem mekanik, elektrik, konstruksi bodi dan sistem perpipaan hingga menjadi satu unit utuh yang nantinya dapat berfungsi sebagai alat pemadam kebakaran. Media yang digunakan untuk memadamkan api pun disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing.

 

Berbagai jenis kendaraan damkar

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa ada beberapa jenis kendaraan pemadam kebakaran berdasarkan fungsinya, antara lain;

  • Kendaraan pemadam kebakaran jenis busa

Kendaraan damkar jenis busa juga disebut sebagai Foam Tender. Sesuai dengan namanya kendaraan pemadam kebakaran jenis ini dilengkapi dengan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyemprotkan bahan pemadam yang berjenis busa.

  • Kendaraan pemadam kebakaran jenis tepung kimia

Dry Chemical Tender atau kendaraan pemadam kebakaran jenis tepung kimia merupakan truk yang dirancang secara khusus sehingga bisa digunakan untuk menyemprotkan dry chemical yang digunakan sebagai bahan pemadam.

  • Kendaraan pemadam kebakaran jenis pemadam ganda

Multi agent Fire Tender atau kendaraan pemadam kebakaran jenis bahan pemadam ganda merupakan kendaraan pemadam yang dirancang untuk menyemprotkan beberapa bahan sekaligus seperti busa, air ataupun dry chemical.

  • Kendaraan pemadam kebakaran jenis pompa

Kendaraan damkar berikutnya berjenis pompa yang merupakan kendaraan pemadam yang dirancang untuk membawa pompa. Kendaraan damkar jenis ini biasanya berukuran kecil dan hanya membawa air sebagai media pemadaman.

  • Kendaraan pemadam kebakaran jenis tangga

Jenis damkar yang terakhir sering disebut juga Snorkel atau Turntable. Kendaraan damkar jenis tangga memiliki ukuran paling besar diantara kendaraan damkar jenis lainnya. Damkar jenis ini memiliki tangga atau boo, yang secara otomatis dapat naik dan turun. Hal ini difungsikan untuk mencapai tempat yang tinggi seperti bangunan bertingkat.

 

Pengoperasian kendaraan pemadam kebakaran

Sebelum kendaraan berangkat, biasanya ada beberapa hal yang harus diperiksa yaitu, tekanan ban, isi tangki bahan bakar, radiator, battery (accu), bahan pemadam isi penuh dan lain-lain. Seorang petugas pemadam kebakaran yang harus mengetahui beberapa hal terkait dengan kendaraan pemadam kebakaran untuk memudahkannya saat sedang bertugas.

Hal-hal tersebut antara lain, tombol untuk memasukkan pompa busa, tombol untuk memasukan pompa air, transfer valve untuk mengatur debit dan tekanan, tombol/handle gas, petunjuk tekanan (pressure gauge), discharge valve, pressure relief valve, dan peralatan lainnya.

 

IVECO truk damkar menjadi andalan di Indonesia

Setelah kita mengetahui berbagai jenis kendaraan damkar, ada baiknya kita juga mengetahui salah satu truk damkar yang terkenal di Indonesia yaitu IVECO. Pabrikan truk dan bus asal Italia ini mendapatkan kepercayaan dalam memasok truk armada pemadam kebakaran di berbagai Bandara Internasional di Indonesia. Salah satunya Bandara terbaru Kertajati di Subang, Jawa Barat. Total ada dua unit truk iveco yang dioperasikan yaitu Iveco Trakker dan Iveco Astra.

 

Baca juga: Tips Merawat Truk Logging Agar Mesin Tetap Awet dan Berperforma 

Baca juga: Mengenal Komponen dan Cara Kerja Rem Angin Pada Truk Besar dan Bus 

 

IVECO Trakker

Merupakan truk rigid dengan konfigurasi 6x4 dan bertenaga 380 horse power. Sebagai truk alat berat, truk ini dirancang untuk misi paling berat dan dapat diandalkan untuk memberikan kinerja yang sangat kuat dimanapun ada resiko kebakaran.

Truk damkar IVECO ini dimodifikasi oleh perusahaan karoseri spesialis damkar yang mampu membawa kru damkar dan peralatan yang dibutuhkan untuk memadamkan api. Struktur bagian atas truk dibuat khusus dilengkapi dengan pompa air sentrifugal, tangki air, tangki konsentrat busa, sistem pemadam bubuk, peralatan intervensi cepat.

 

IVECO Astra HD9

Sementara untuk iveco astra hd9, merupakan truk rigid dengan konfigurasi 4x4 dengan tenaga 540 horse power yang dirancang khusus untuk misi berat dan khusus yang membutuhkan alat berat seperti tangga, platform, tangki air serta pompa.

Truk iveco dibekali dengan sasis dan komponen rangka bodi yang kuat, selain itu sistem suspensi belakang Iveco Astra didukung oleh cross bar tandem "power ring". Iveco Astra memiliki mesin dengan torsi tinggi dan tenaga besar yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis, hal ini membuat Astra mampu menghasilkan mobilitas on-road dan off-road yang sangat baik dan melaju dengan kecepatan tinggi dalam situasi darurat.

Nah, itulah beberapa jenis damkar atau kendaraan pemadam kebakaran yang bisa kita ketahui. Meskipun fungsinya sama yakni untuk memadamkan kebakaran namun, setiap damkar memiliki bahan pemadam yang berbeda-beda. Selain itu, truk damkar juga wajib memiliki sasis maupun komponen yang kuat, mengingat beban dan kinerja yang sangat berat. Itulah alasan Iveco hadir untuk melengkapi armada truk damkar yang bisa diandalkan.

 

Sumber foto: Iveco Indonesia