Dikutip oleh

Editor

Perawatan Preventif dan Servis Komponen Kendaraan Alat Berat

Perawatan preventif merupakan salah satu bentuk usaha efisiensi biaya yang bisa diterapkan oleh semua pemilik kendaraan. Bila dapat dijabarkan dalam waktu, mungkin inspeksi singkat hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari waktu operasional kendaraan dan dapat menghasilkan penghematan ratusan sampai jutaan rupiah bila terdapat kerusakan besar.

Penghematan Yang Dapat Diperoleh Dari Perawatan Preventif

  1. Meningkatnya waktu operasi berarti tidak terdapat kerusakan yang tidak terjadwal.
  2. Keausan normal akan bertahan lebih lama sebab dipelihara dan memperoleh pelumasan dengan benar.
  3. Sedikit kemungkinan korban atau seseorang yang terluka akibat area kendaraan gagal berfungsi kembali.

Selain itu kendaraan seperti Heavy Duty Truck mewajibkan pengendara harus menyiapkan segala kebutuhannya secara sigap. Usai mendaftarkan asuransi kendaraan, Salah satu yang paling penting yaitu servis kendaraan alat berat berkala.

Kenali dulu delapan komponen kendaraan yang harus memperoleh servis berkala berikut ini. Supaya kamu dapat menyiapkan waktu dan biaya untuk urusan sevis, perhatikan hal hal dibawah ini.

 

Baca juga: Chakra Jawara Memberikan Pelatihan Pada Kendaraan Alat Berat 

Baca juga: Bagaimana Jarak Pengereman Aman untuk Kendaraan Alat Berat 

 

Delapan Komponen Kendaraan Yang Harus Memperoleh Servis

1. Oli Mesin dan Filter Oli

Idealnya, oli mesin pada kendaraan diganti setiap 250 jam. Oli berguna untuk melumasi mesin supaya proses pembakaran berlangsung sempurna. Selain oli, filter oli pun harus memperoleh perhatian yang sama. Sebab filter oli yang kotor tentu tak dapat melakukan proses penyaringan secara maksimal.

2. Filter Udara

Pengendara harus mengganti filter udara usai diganti pada 500 jam untuk Primer Filter, dan 1000 jam untuk secondary filter. Khususnya jika kerap melintasi jalanan yang berdebu. Filter udara yang terlalu kotor akan menghambat sirkulasi udara menuju ruang pembakaran mobil. Karenanya, pembakaran berlangsung kurang sempurna dan pemakaian bahan bakar justru kian boros.

3. Aki

Salah satu tanda jika aki kendaraan alat berat mesti diganti yaitu sistem alarm kendaraan yang mati. Disisi lain, umumnya dashboard mobil pun tidak mau menyala sampai lama-kelamaan juga akan sulit dalam menyalakan mesin kendaraan. 

4. Filter AC

Jangan melalaikan komponen kendaraan yang satu ini. Sampai sekarang masih banyak orang yang berpikir jika filter AC tak perlu dibersihkan atau diganti. Filter AC yang kotor maupun rusak akan mengakibatkan kinerja AC terganggu. Maka AC juga terasa tidak dingin dan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, rutinitas membersihkan filter AC dan penggantian harus dilakukan setiap kali kendaraan menempuh jarak 2000 jam.

5. Kanvas Rem

Fungsi kanvas rem sangat krusial pada kendaraan. Fungsi pengereman didukung dengan komponen kanvas rem yang berkualitas. Kanvas rem yang telah menipis akan mengakibatkan gesekan antar komponen logam.. 

6. Kanvas Kopling

Umumnya kanvas kopling relatif cepat menipis sebab keadaan jalanan yang rusak. Salah satu ciri kanvas kopling yang harus diganti yaitu ketika tercium bau gosong yang muncul. Hal ini biasanya disebabkan gesekan clutch disc yang terlalu sering sehingga hangus.

7. Lampu

Pemasangan lampu kendaraan harus dilakukan dengan benar supaya lampu tersebut awet dan tidak menyebabkan boros pemakaian energi listrik. Umumnya lampu mobil sudah mulai meredup jika dipakai selama 1,5 tahun.

8. Ban Kendaraan

Keadaan ban kendaraan pun mesti diperhatikan dengan seksama. Khususnya jika kamu kerap melewati jalanan yang rusak atau menanjak. Tekstur ban kendaraan alat berat yang mulai menipis akan mengakibatkan daya geseknya berkurang. Karenanya, kendaraan jadi kesulitan bermanuver dan risiko kecelakaan juga kian besar.

Sebenarnya servis kendaraan Heavy duty truk tidak memerlukan biaya besar jika kamu melakukannya dengan teratur. Jangan sampai terjadi kelalaian dalam melakukan servis sehingga kendaraan mengalami kerusakan serius.

Pilih juga jasa servis yang terpercaya dari dealer resmi ketika melakukan pengecekan secara rutin, seperti di dealer Chakra Jawara. Chakra Jawara berkomitmen untuk melayani pelanggan dengan pelatihan dukungan produk terbaru. Perusahaan melatih para teknisinya untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

 

Sumber foto: Iveco Indonesia