Article by

Editor

4 Perawatan Mesin Diesel Sistem Common Rail Pada Truk Tambang

Sebagai kendaraan dengan muatan berat, truk khusus tambang, truk batu bara atau dump truk selalu memperhatikan perawatan mesin agar performa tetap stabil dan mesin berfungsi dengan sempurna. Begitu juga dengan mesin diesel pada truk tambang yang sudah menggunakan sistem common rail seperti Iveco Trakker.

Common rail merupakan komponen pada mesin diesel yang berperan penting dalam direct injection system pada mesin diesel. Oleh karena itu kendaraan diesel yang sudah mengadopsi teknologi ini memiliki berbagai keuntungan, antara lain;

  • Suara mesin yang lebih halus
  • Bahan bakar lebih hemat
  • Emisi lebih bersih

 

Akan tetapi agar sistem ini dapat terus bekerja secara sempurna tanpa masalah, tentulah dibutuhkan perawatan yang tepat. Jika anda salah satu pengguna kendaraan Truk IVECO 682  yang sudah didukung common rail, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan.

 

Baca juga: Cara Pencegahan Pengemudi saat Truk Tambang Mengalami Rem Blong 

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Ban Truk Tambang Agar Awet dan Tahan Lama

 

1. Mengganti saringan bahan bakar secara rutin

Common rail biasanya sangat sensitif terhadap kontaminan yang ada pada bahan bakar. Meskipun anda sudah menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang seharusnya, tetapi jika filter atau saringan bahan bakar tidak diganti secara rutin, maka dapat menimbulkan masuknya kontaminan.

Selain itu tidak lupa untuk membuang kandungan air pada filter bahan bakar setiap kali melakukan penggantian.

 

2. Mengganti saringan udara secara rutin

Selain bahan bakar, masuknya kontaminan melalui aliran udara juga dapat berpotensi merusak sistem. Untuk mencegahnya, pastikan selalu membersihkan saringan udara ketika tepat waktu.

Anda juga bisa membersihkan saringan lebih awal dari waktu yang telah ditentukan jika indikator saringan udara menyala karena menandakan komponen ini perlu dibersihkan.

 

3. Kualitas bahan bakar

Bahan bakar dengan kualitas rendah memang lebih terjangkau sehingga dapat mengurangi biaya transportasi dalam jangka pendek. Namun, bahan bakar tersebut bisa menimbulkan endapan dan juga mengandung sulfur yang cukup tinggi sehingga dapat mengganggu sistem kerja common rail. Untuk itu pastikan selalu menggunakan bahan bakar dengan kadar cetane yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

 

4. Pengecekkan rutin

Lakukan pengecekan secara rutin, jangan tunggu kendaraan menunjukkan adanya masalah baru anda melakukan pengecekan. Ketika kendaraan diesel dengan common rail mengalami masalah, maka proses perbaikannya tidak sesederhana mesin diesel konvensional. Sebab sistem kerja pada common rail sudah terkomputerisasi sehingga satu saja kerusakan bisa berdampak pada bagian lainnya.

 

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar sistem common rail dapat berfungsi sempurna. Selain dengan tips di atas, mesin diesel dengan sistem common rail pada kendaraan truk tambang harus dilakukan pengecekan secara rutin agar mesin tetap prima dan efisiensi konsumsi bahan bakar tetap stabil. Sehingga jika dikemudian hari ditemukan adanya masalah, dapat segera tertangani secara cepat dan tepat oleh ahlinya. Pastikan juga untuk selalu menggunakan komponen original setiap kali melakukan penggantian komponen.

 

Sumber foto: Instagram iveco.indonesia