Article by

Editor

Mengenal Berbagai Fitur yang Hanya Dimiliki Truk Batu Bara

Truk Batu Bara dirancang khusus sesuai kebutuhan serta penggunaan dalam jarak panjang, dengan pengemudi yang terkadang tidur di dalam kabin untuk beberapa hari sebelum melanjutkan pulang ke rumah. Truk Batu Bara sendiri memiliki fitur untuk membantu pergerakan barang yang lebih efisien dan berperan sebagai rumah kedua bagi pengemudinya. Terlepas dari perbedaan ukuran yang sangat jelas, berikut beberapa fitur menarik yang dimiliki truk namun tidak dimiliki kendaraan kecil.

 

Lebih dari dua axle

Sebuah truk trailer bisa memiliki empat axle pada bagian penariknya dan empat axle pada bagian trailernya yang total delapan axle. Untuk unit truk tiga axle dengan trailer tiga axle merupakan kombinasi yang paling umum. Trailer khusus bisa memiliki bayak rangkaian axle. Bahkan seringkali lebih dari empat ban tiap gandar. Selain itu. beberapa truk memiliki dua set as roda kemudi.

 

Kursi bersuspensi

Biasanya truk menghasilkan suara bising dan getaran yang lebih besar dibandingkan dengan mobil pribadi, ditambah pengemudi yang harus duduk lebih dari 10 jam setiap harinya. Itulah mengapa kursi pada truk memiliki suspensi yang layak untuk mengurangi dampak benturan dan getaran pada tulang belakang pengemudi.

 

Indikator mur roda

Meskipun kecil namun fitur ini sangat membantu. Yah, indikator mur roda berbahan plastik berwarna kuning, orange, atau hijau digunakan untuk menunjukan kepada pengemudi jika mur roda berpotensi longgar. Cara kerjanya, jika mur bergerak, titik panah akan bergerak ke arah berlawanan.

 

Baca juga: Keunggulan Truk Batu Bara IVECO Trakker Untuk Medan Berat 

Baca juga: Mengatasi Mesin Truk Batu Bara yang Kehilangan Tenaga 

 

Radio CB

Fitur ini berguna untuk berkomunikasi dengan para pengemudi truk lainnya dengan menggunakan radio CB atau sering disebut juga RT.

 

Lemari pendingin, microwave hingga televisi

Banyak pengemudi truk hampir seluruh hidupnya dihabiskan di dalam truk, bahkan bisa dianggap sebagai rumah kedua. Oleh sebab itu mereka memerlukan kenyamanan di dalamnya. Hal yang lumrah jika truk-truk di luar sana di dalamnya dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman. televisi, konsol game, lemari es dan microwave.

 

Engine brake

Rem pembantu (Engine brake, Exhaust Brake, Retarder dll) adalah untuk mengurangi penggunaan service brake (rem kaki) yang berlebih.

penggunaan rem kaki yang berlebih dapat membuat kampas rem terbakar dan dapat terjadi gagal pengereman.

rem pembantu di utama digunakan ketika hanya ingin mengurangi laju kendaraan.

 

Cerobong pembuangan

Beberapa truk, seperti truk khusus tambang atau dump truk dan truk trailer memiliki cerobong pembuangan vertikal di belakang kabin. Cerobong tersebut dirancang untuk membuang suara bising dari area pengemudi.

 

Spion tambahan

Truk khusus tambang, dump truk memiliki ukuran yang cukup luas sehingga titik buta sangat banyak. Oleh karena itu kendaraan berat ini membutuhkan banyak cermin untuk membantu penglihatan di sekitar.

 

Girboks lebih dari delapan kecepatan

Hampir kebanyakan truk berukuran besar memiliki rentang gigi antara 9 dan 18 untuk gigi maju dan dua untuk gigi mundur. 

 

Sistem pengereman udara yang terkompresi

Alasan truk menggunakan sistem rem angin adalah karena pasokan udara tidak terbatas, sehingga sistem rem tidak akan pernah kehabisan cairan, sebagaimana pada rem hidraulis. Kebocoran udara juga tidak akan menyebabkan kegagalan pengereman.

 

Tangki bahan bakar ganda

Truk berukuran besar memiliki tangki bahan bakar di kedua sisinya untuk menambah kapasitas serta tangki AdBlue sebagai fluida pembuangan yang digunakan untuk mengurangi emisi.

 

Axle yang bisa diangkat

Dibeberapa truk terdapat axle yang bisa diangkat untuk mengurangi tahanan dan keausan ban. Sistem ini digunakan ketika beban yang dibawa tidak terlalu berat dan tidak membutuhkan axle tambahan.

Itulah beberapa daftar fitur menarik yang terdapat pada kendaran truk. Meski tidak semua truk memiliki fitur secara lengkap, namun fitur-fitur tersebut sudah menjadi bagian yang umum. Seperti pada truk trailer, dump truk, truk khusus tambang, dan jenis truk lainnya. 

 

Sumber foto: Iveco