Article by

Editor

Mengenal Tiga Area Blind Spot pada Truk Besar untuk Keamanan Bersama

Kecelakaan yang kerap kali terjadi di jalanan tidak hanya diakibatkan masalah pada kendaraan saja, tapi juga banyak diakibatkan oleh kelalaian pengemudi. Tentunya kita tidak bisa menyalahkan sepihak, baik pengguna jalan dengan kendaraan bermotor, atau truk bermuatan besar. Namun bagaimanapun semua harus menaati peraturan rambu lalu lintas. Nah, kali ini kita akan membahas tentang area blind spot pada truk yang jarang diketahui oleh pengemudi lain ketika berdekatan dengan truk Scowend yang berdimensi panjang dan luas serta bermuatan besar.

Karena bila diamati kembali kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan truk adalah tersenggol atau terserempet ke samping. Mengapa kasus ini sering terjadi? Jawabannya adalah karena pengendara motor tidak terpantau atau terlihat oleh pengemudi truk, sebab posisi motor berada pada area blind spot. Mari kita simak selengkapnya untuk keamanan bersama dalam berkendara.

 

Alasan pentingnya mengetahui area blind spot

Setiap kendaraan pastinya sudah dibekali spion, namun tinggi dan panjangnya truk Scowend membuat beberapa titik tidak masuk dalam jangkauan penglihatan dan ini yang disebut blind spot atau area buta. Untuk truk berukuran panjang dan lebar, ada tiga area blind spot terparah yang harus anda hindari saat mengendarai kendaraan baik itu motor maupun mobil. Ketiga area blind spot ini adalah bagian belakang truk, samping truk dan depan bawah truk.

 

Area blind spot belakang truk

Saat anda mengendarai motor dan di depan anda ada sebuah truk Scowend, anda harus memahami dimensi truk tersebut. Truk dengan panjang 9 meter bila posisi anda persis dibelakang atau di sudut bak truk, ini merupakan titik buta pada truk. Sebaiknya hindari posisi ini dengan menjauh atau menjaga jarak.

 

Baca juga: 4 Langkah Tepat Membersihkan Filter Udara Pada Kendaraan Truk Besar 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kabin Truk Besar, Tempat Pengemudi yang Nyaman

 

Blind spot samping truk

Begitu juga ketika anda berkendara di samping truk persis, anda juga tidak akan terlihat oleh pengemudi truk tersebut. Blind spot samping truk ini juga sering kali menjadi penyebab kecelakaan. Oleh karenanya hindari berkendara di samping truk terutama sebelah kiri. Area buta ini sebenarnya masih terjangkau oleh spion namun tidak begitu jelas jadi ada baiknya jangan terlalu mepet dengan truk demi keselamatan.

 

Blind spot depan bawah truk

Area depan truk Scowend juga tak kalah bahayanya jika anda berkendara terlalu dekat. Apabila di belakang anda ada truk besar dan berkabin tinggi, usahakan untuk segera menjauh karena anda tidak akan terlihat oleh pengemudi truk. Blind spot area depan bawah truk modern makin berkurang bila telah dilengkapi spion cyclops untuk memantau kondisi bagian bawah depan.

Untuk mengatasi besarnya blind spot pada truk, beberapa pabrikan telah menambahkan spion sudut lebar, spion trotoar, dan spion depan atau cyclops untuk melihat apa yang tidak bisa dilihat pengemudi truk. Bahkan beberapa truk produksi Eropa banyak yang melengkapi sensor dan kamera untuk mengurangi blind spot ini. Akan tetapi karena dimensi truk yang lebar, panjang dan tinggi piranti tersebut tidak bisa menghilangkan blind spot secara maksimal.

 

Tips aman dalam berkendara

Setelah anda mengetahui area blind spot pada truk Scowend, ada baiknya anda juga memperhatikan tips aman berkendara berikut ini, terutama saat berbagi jalan dengan kendaraan-kendaraan besar seperti dump truk, truk khusus batu bara dan bus atau truk cargo.

  • Pahami dan patuhi zona blind spot saat berkendara agar bisa menjaga jarak dan aman dari bahaya.
  • Jangan terlalu dekat dibelakang kendaraan besar dan jaga jarak aman agar terhindar dari kecelakaan.
  • Saat akan menyalip, sebaiknya jangan masuk mendadak di depan truk bermuatan berat karena selain tidak terpantau oleh spion, pengemudi truk juga bisa saja terkaget dan membanting setir.

 

Nah, itulah beberapa blind spot yang bisa kita ketahui dan terapkan setiap berkendara di jalan raya. Hal ini bukan hanya penting untuk pengendara kecil seperti motor dan mobil pribadi saja, tapi juga penting untuk pengemudi truk maupun kendaraan bermuatan besar. Mengingat masalah blind spot belum sepenuhnya dapat diatasi. Namun dengan kesadaran masing-masing tentunya kecelakaan dapat terhindarkan.

 

Sumber foto: Instagram ciwah_k.410