Article by

Editor

Seberapa Penting Sleeper Cab pada Truk Kargo untuk Pengemudi?

Sleeper cab merupakan bagian kabin yang digunakan sebagai ruang beristirahat bagi para pengemudi. Sleeper cab atau tempat tidur biasanya tersedia pada truk kargo yang sering melakukan perjalanan jauh. Sehingga pengemudi truk tidak harus mencari dan membayar akomodasi untuk menginap selama periode istirahat.

Hal tersebut memungkinkan anggota tim yang mengemudi untuk tetap berada di jalan selama beberapa hari atau minggu pada suatu waktu, sehingga bisa bergilir untuk mengemudi sementara truk tetap terus bergerak.

 

Sleeper cab tempat istirahat terbaik pada pengemudi

Sleeper cab dimulai dari yang hanya selebar orang dewasa dan hanya muat untuk satu orang hingga ada yang cukup mewah, dapat menampung dua orang sekaligus, dan dilengkapi ranjang susun.

Selain itu, ada pula sleeping cab yang dilengkapi dengan sedikit kemewahan seperti penambahan lemari es, microwave televisi, konsol permainan dan lain-lain. Untuk head traktor tipe tertinggi, biasanya dilengkapi dengan penyimpanan untuk barang-barang pribadi, gorden dan pengontrol cuaca. Satu-satunya yang belum tersedia hanyalah kamar mandi.

Namun, truk dengan sleeper cab single atau satu untuk satu orang banyak tersedia di truk kargo, dump truk, atau truk khusus tambang dan jenis truk lainnya.

 

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Pentingnya Truk Trailer Menggunakan Rem Tromol 

Baca juga: Pemilihan Perangkat GPS Guna Meringankan Masalah Pada Pengemudi Kendaraan Alat Berat

 

Keuntungan lain dari sleeper cab

Secara fungsi sleeper cab sangat penting bagi para pengemudi. Meskipun kabin truk trailer menjadi lebih panjang, namun ruang sleeper cab menjadi lebih luas dan leluasa untuk beristirahat. 

Sleeper cab juga membantu para pengemudi menyimpan barang bawaan seperti perlengkapan baju, makanan dan sebagainya, sehingga tidak mengganggu ruang kemudi. Selain itu, sleeper cab juga bisa menghemat biaya transportasi perjalanan, karena pengemudi tak perlu menyewa penginapan ketika melakukan perjalanan jauh. Tak hanya pengemudi, pemilik kendaraan atau industri juga diuntungkan dengan adanya sleeper cab.

Pada umumnya, sleeper cab dipakai untuk beristirahat tatkala kendaraan berhenti, namun saat kendaraan melaju di jalanan pun sleeper cab tetap memberikan kenyamanan untuk pengemudi lainnya yang ingin beristirahat.

 

Demikian ulasan tentang sleeping cab yang tersedia pada truk atau kendaraan alat berat. Di Indonesia sendiri setiap truk kargo dan dump truk memiliki sleeping cab, namun dengan ukuran standar, yang umumnya hanya bisa digunakan secara bergantian. Meski demikian fitur ini tetap berfaedah karena bagaimanapun berkendara dengan alat berat tentunya akan sangat melelahkan. Sehingga adanya sleeping cab bisa membantu memulihkan tenaga setelah beristirahat secara maksimal.

 

Sumber foto: Iveco