Dikutip oleh

Editor

Cara Mengurangi Idling Truk Trailer untuk Menghemat Bahan Bakar

Layaknya rumah kedua, truk jaman sekarang biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti, kulkas, televisi, dan berbagai peralatan elektronik lainnya yang membuat nyaman para pengemudi ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Meski demikian, semua perangkat tersebut memerlukan sumber listrik, dan sumber listrik itu sendiri biasanya berasal dari putaran mesin yang nantinya akan mengisi baterai, ini artinya;

  • Meningkatnya biaya bahan bakar
  • Meningkatnya polusi udara di tempat truk berkumpul
  • Populasi suara di tempat pemberhentian truk

Pengurangan 10% waktu idle diperkirakan sama dengan pengurangan 1% biaya bahan bakar ditambah keausan dan kerusakan mesin dan juga pengaruh terhadap lingkungan. Lantas, apakah ada solusinya? Yah, solusi teknologi untuk mengurangi waktu idle sudah banyak tersedia di berbagai truk masa kini. Apa saja kah itu? Mari simak ulasan selengkapnya.

 

HVAC Bertenaga Baterai

Teknologi HVAC bertenaga baterai dapat menghasilkan nol emisi, tidak memerlukan idling, pengoperasian yang lebih senyap, relatif bebas perawatan, dan bisa menggunakan tenaga eksternal serta mudah untuk dioperasikan. Selain itu bisa diberi daya dengan baterai dari unit truk atau dihubungkan langsung ke sumber listrik.

 

Unit Daya Tambahan Diesel

Sistem ini bisa menyediakan tenaga listrik ketika engine dalam kondisi mati. Menggunakan bahan bakar dengan konsumsi sekitar 0.3-15 liter per jam bergantung pada beban yang dibutuhkan. Bila dioperasikan selama terdapat bahan bakar di dalam tangki. Sangat baik digunakan pada temperatur ekstrim dan dalam periode waktu yang lama.

 

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Pentingnya Truk Trailer Menggunakan Rem Tromol 

Baca juga: Seberapa Penting Sleeper Cab pada Truk Kargo untuk Pengemudi? 

 

Sistem Start/Stop Engine Otomatis

Sistem ini memonitor temperatur kabin dan akan mematikan engine ketika sistem HVAC sedang tidak dibutuhkan atau ketika baterai terisi. Sistem ini bisa dipasang dengan mudah tanpa menambah berat pada kendaraan dan bisa dikombinasikan dengan sistem lainnya.

Namun, start dan stop yang tidak terduga bisa mengganggu pengemudi ketika sedang tidur.Produsen harus memastikan sistem ini tidak menghasilkan suara yang mengganggu dan meminimalisir goyangan an getaran di kabin.

 

Panel Surya

Teknologi panel surya semakin terus berkembang pada saat ini. Ukuran yang tipis dan ringan bisa ditempatkan di kabin dan dibuat melengkung untuk menyesuaikan dengan kontur kabin. Namun, sistem ini lebih mahal dan hanya mengandalkan paparan sinar matahari saja. Sistem ini bisa mengganggu aerodinamis kabin, meningkatkan konsumsi bahan bakar dan suara bising. Panel surya harus dibersihkan secara teratur supaya kapasitas pengisian selalu optimal.

 

Pemilihan dan Parameter Kendaraan

Kendaraan berwarna gelap membutuhkan energi lebih banyak untuk proses pendinginan pada saat musim panas dibandingkan dengan kendaraan berwarna putih. Insulasi di dalam kabin bisa mengurangi rentang suhu. Hal ini termasuk tirai kaca depan yang bisa mengurangi masuknya sinar matahari dan membantu menjaga suhu di dalam kabin.

Parameter idle engine bisa diubah ke sistem mematikan paksa secara otomatis setelah periode waktu tertentu dan mengontrol kecepatan idle aktual. Tidak ada solusi yang cocok namun untuk keseluruhan bisa diserahkan kepada pengemudi untuk mengatur efisiensi yang memungkinkan.

 

Itu dia beberapa hal yang bisa anda lakukan saat memaksimalkan idle dalam berkendara. Bagi anda pengemudi atau pemilik truk trailer, dump truk atau truk khusus tembang tentu saja hal ini harus dipertimbangkan guna menghemat bahan bakar, dan tidak merugikan lingkungan sekitar. Namun, cara sederhana dan efisien yang paling mudah untuk mengurangi idle adalah keluar dari kendaraan dan beristirahat dengan maksimal. 

 

Sumber foto: Iveco