Dikutip oleh

Editor

Penyebab Pecah Ban pada Truk Tractor Head yang Perlu Diperhatikan

Kendala pecah ban merupakan salah satu masalah yang harus diantisipasi setiap hendak melakukan perjalanan. Khususnya mereka yang mengemudikan truk tractor head sebagai kebutuhan layanan dalam industri. Umumnya truk, atau dump truk mengalami pecah ban diakibatkan oleh beban yang berlebihan namun, tak hanya itu saja beberapa faktor pun bisa menjadi pemicu pecahnya ban truk. Oleh karena itu, langkah pencegahan yang wajib dilakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab ban pecah itu sendiri. Apa sajakah itu? Simak ulasan selengkapnya.

Faktor umum yang sering mengakibatkan ban truk pecah

Salah satu faktor umum yang memicu ban pecah pada truk tractor head adalah tekanan dari muatan yang melebihi batas bobot maksimum atau kecepatan maksimum dari ban yang digunakan. Penyebab terjadinya pecah ban dapat dilatarbelakangi dari beberapa faktor. Namun, yang terpenting adalah pengendara perlu memahami bahwa setiap ban memiliki maksimum atau beban maksimum dari kendaraan itu sendiri.

  1. SIMBOL KECEPATAN menunjukkan kecepatan di mana ban dapat membawa beban sesuai dengan indeks bebannya di bawah kondisi layanan yang ditentukan
  1. LOAD INDEX adalah kode numerik internasional untuk beban maksimum yang dapat dibawa oleh ban pada kecepatan yang ditunjukkan oleh simbol kecepatannya dalam kondisi servis yang ditentukan.

Misal : 146/143 J artinya beban yang mampu di bawa adalah index 146 untuk ban tunggal atau index 143 untuk ban ganda pada kecepatan simbol "J"

Tentu saja pemahaman akan hubungan setiap parameter tersebut dengan potensi insiden pecah ban perlu dipahami terutama oleh para operator kendaraan niaga. Sebab bobot dan kecepatan kendaraan memainkan peran penting dalam pengoperasian kendaraan semacam ini.

 

Baca juga: Alasan Truk Tractor Head Menggunakan Teknologi Mesin Diesel 

Baca juga: Tips Merawat Truk Tractor Head Agar Mesin Tetap Awet dan Berperforma 

 

Memahami masa kadaluarsa pada ban

Sebagai kebutuhan industri truk tractor head, dump truk, atau truk tambang memiliki perawatan secara berkala. Akan tetapi resiko ban pecah bisa saja terjadi karena faktor kelalaian salah satunya tidak memperhatikan masa kadaluarsa ban. Yah, sebelum menggunakan ban baru pastikan ban tersebut dalam kondisi baik dan tidak kadaluarsa. Caranya kita bisa membaca kode tahun pembuatan ban. Sebab, ban yang telah lama disimpan, meski belum pernah dipakai, dengan suhu yang tidak menentu akan menyebabkan ban kering dan getas. Ban seperti itu sangat rentan pecah bila digunakan, apalagi dengan beban muatan yang cukup besar hal ini tentu bisa memicu pecah ban.

Ban sering menghantam jalan buruk

Hentakan keras saat truk melibas lubang, tidak hanya merusak sistem suspensi, tetapi kondisi ban pun juga akan cepat rusak. Benturan keras antara ban dengan dinding lubang jalan akan menyebabkan rajutan kawat baja di dalam dinding ban rusak atau putus. Bila hal itu terjadi dan truk melesat di jalanan maka ban berpotensi pecah. Sebab kawat yang berguna untuk melindungi dindin dan tapak ban tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya terjadi gesekan karet ban dengan permukaan jalan ban akan mudah terkoyak. Terlebih bila tekanan angin ban kurang.

 

Nah, itulah beberapa faktor yang sering menyebabkan ban truk pecah. Khususnya tractor head yang sering kali memuat beban tinggi tentu saja dibutuhkan perawatan berkala khususnya pada bagian tersebut agar tetap aman berkendara.