Dikutip oleh

Editor

Ini 3 Langkah Mengemudi Truk Molen di Medan Pegunungan

Mengemudi kendaraan kelas Heavy Duty Truck baik truk OnRoad maupun truk OffRoad dengan muatan yang besar tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Sebab, dimensi kendaraan beroda lebih dari empat ini sangatlah besar. Selain itu truk membawa beban angkut yang tidak sedikit serta titik buta (blind spot) yang cukup banyak. 

Oleh karenanya dibutuhkan keahlian khusus dalam mengemudi truk. Terlebih lagi ketika harus mengendarai truk Molen di medan pegunungan dan harus melalui jalur menanjak serta konstruksi badan jalan yang miring. Sebelum menempuh perjalanan dengan medan berbahaya, mungkin anda sudah mempersiapkan segalanya seperti pengecekkan sistem rem, kondisi ban dan performa mesin. 

 

Baca juga: Mengapa Sebaiknya Truk Molen Besar Menggunakan Ban Dalam? Ini Alasannya 

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Pentingnya Truk Trailer Menggunakan Rem Tromol

 

Namun, selain dari itu semua ada baiknya anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam mengemudi truk di pegunungan. Seperti berikut ini;

1. Memperhatikan medan jalan

Biasanya area pegunungan memiliki medan yang tidak datar. Jalanan menanjak maupun menurun sering kali terdapat kemiringan yang bermacam-macam. Hal ini salah satu rintangan yang pasti ditemui oleh pengemudi truk. Oleh karena itu, para pakar mengingatkan pengemudi truk agar memperhatikan medan jalan, terutama kemiringan jalan yang akan dilalui. Pasalnya, kelalaian atas hal ini sering kali menjadi penyebab kecelakaan truk. Pengemudi bisa mengetahui tingkat kemiringan jalan serta saran kecepatan pada marka atau tiang penanda yang ada di tepi jalan menanjak maupun menurun.

2.Berkendara dengan kecepatan sesuai standar

Dalam situs Smart Trucking merekomendasikan pengemudi truk untuk selalu berkendara dengan pelan atau standar kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jalan, terlebih ketika melewati area pegunungan. Menurutnya, ini adalah trik paling aman untuk mengemudikan truk di jalan menanjak atau menurun. Dengan menerapkan langkah ini, pengemudi bisa menghindari kecelakaan karena kehilangan kontrol terutama ketika melalui jalanan menurun.

3.Pertahankan traksi saat mendaki atau meluncur

Traksi atau tarikan merupakan hal penting yang wajib dikuasai oleh seorang pengendara. Sebab, ketepatan tarikan pada mesin akan menentukan bagaimana laju kendaraan saat melalui jalan mendaki ataupun menurun. Oleh karena itu, mempertahankan traksi ketika mendaki atau meluncur merupakan salah satu keahlian yang perlu dikuasai oleh pengemudi truk. Sehingga truk bermuatan bisa dikemudikan dengan baik saat menanjak atau meluncur di area pegunungan.

Poin ini juga masih berkaitan dengan performa mesin serta sistem pengereman. Dimana kondisi mesin yang prima akan mendukung performa terutama saat menanjak dengan muatan yang berat. Selain itu sistem rem yang bekerja dengan baik juga turut mendukung ketika sedang melaju di turunan.

Hal ini pula yang menjadikan IVECO, yaitu pabrikan kendaraan truk asal Italia ini menawarkan sistem pengereman dengan Air Brake pada produk andalannya. Dimana secara kekuatan, sistem rem air brake sangat kuat bila dibanding jenis rem truk lainnya. 

Itulah beberapa langkah berkendara di area tanjakan terutama di pegunungan. Sebagai poin terakhir tips yang bisa diperhatikan adalah kondisi tubuh yang prima. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat agar bisa lebih fokus dalam berkendara. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.