Dikutip oleh

Editor

Mengenal Sistem Penggerak Roda pada Truk Kontainer dan Cara Membacanya

Truk kontainer tentunya memiliki tenaga mesin yang cukup besar. Tenaga yang dikeluarkan pada mesin akan diteruskan ke setiap roda dengan beragam jenis mekanismenya sesuai dengan kendaraan tersebut. Umumnya pada mobil-mobil kecil penggerak roda yang digunakan hanya 2 roda. 

Berbeda dengan truk atau truk kontainer yang memang didesain sedemikian rupa untuk mengangkut material-material berat sehingga membutuhkan pasokan tenaga yang kuat. Dengan alasan ini lah, pada truk jenis penggerak rodanya sedikit berbeda dengan mobil-mobil kecil. Biasanya jenis penggerak truk dapat diketahui dari emblem yang menempel pada bagian kepala truk bagian depan.

Biasanya akan tertulis 4x2, 4x4, 6x4, dan lain-lain. Nah, apakah kalian paham dengan arti tulisan tersebut? Jika kalian belum paham mari simak secara lengkap untuk mengetahui informasi ini dan menambah wawasan anda.

 

Baca juga: 5 Masalah Fuel Injector yang Menyebabkan Tenaga Mesin Truk Air Menurun 

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Setir Pada Truk Air untuk Kenyamanan Berkendara

 

Cara membaca roda penggerak truk

Seperti yang kita tahu truk kontainer dengan kapasitas muatan besar untuk mengangkat beban berat biasanya dirancang dengan tiga sumbu roda atau enam buah roda. Seperti truk yang memiliki enam buah roda juga memiliki roda penggerak yang biasa dikenal dengan istilah truk 6x2 atau 6x4. Nah, untuk mengetahui hal ini ternyata begini cara baca istilah roda penggerak pada kendaraan truk.

Cara membaca roda penggerak truk

Untuk membaca hal ini anda bisa perhatikan angka depan yang menyatakan jumlah roda truk kontainer secara keseluruhan, angka belakang menyatakan jumlah roda penggerak. Seperti contoh truk 6x2, yang berarti truk tersebut memiliki enam roda dengan tiga sumbu roda yang masing-masing sumbu memiliki sepasang roda.

Kemudian yang menjadi roda penggerak adalah di antara dua sumbu roda di belakang, misalkan sumbu kedua atau ketiga yang mendapatkan penyaluran tenaga mesin. Pada truk 6x4, berarti truk tiga sumbu roda dengan kedua sumbu di belakang yang menjadi roda penggerak. Selanjutnya jika diperhatikan kembali, roda belakang truk berukuran besar dan memiliki ban yang dobel atau ganda di setiap sisi kiri dan kanan, dan ternyata kedua ban dari masing-masing bagian roda tetap dihitung menjadi satu roda. Hal ini dikarenakan dua roda berada di satu poros as roda yang sama, bergeraknya juga dengan arah yang sama.

Jika truk dengan penggerak 8x4, berarti kendaraan tersebut memiliki delapan as roda, empat pada sisi kanan dan kirinya. Namun roda yang bergerak hanya pada empat as roda yang ada di belakang, sedangkan as roda yang di depan berfungsi untuk berbelok.

Demikian informasi seputar sistem penggerak roda dan cara membaca penggerak roda pada truk kontainer. Kendaraan dengan skala besar seperti truk kontainer tentunya memiliki penggerak yang cukup besar pula sehingga sebagai pengguna seperti pelaku industri harus mengetahui hal ini agar sesuai dengan kebutuhannya. Setelah mengetahui sistem penggerak, ada baiknya anda juga harus tahu bagaimana cara merawat ban pada roda truk, dan sistem pengereman truk. Hal ini tentunya penting untuk menekan biaya operasional dan perawatan yang ringan serta penggunaan dalam jangka panjang.

 

Sumber foto: Instagram eliepradana